Intrans Institute

Intrans Institute (Institute for Transformation of People’s Political Economy) merupakan lembaga studi untuk mendorong terwujudnya tatanan sosialisme. Kami percaya bahwa sosialisme adalah antitesis kapitalisme yang hari ini mereproduksi penindasan pada manusia dan alam; pada kelas pekerja dan rakyat pada umumya dalam bentuk ketimpangan sosial dan ekonomi; pemiskinan; perusakan ekologis; dehumanisasi; ketidaksetaraan gender; ketidaksetaraan politik; imperialisme; dll.

Kami percaya bahwa tatanan kapitalisme hanya bisa diruntuhkan dengan cara-cara revolusioner dengan karakter  progresif. Revolusioner adalah sebuah proses perjuangan baik dalam bentuk pemikiran, pendidikan, dan pergerakan politik terus menerus untuk menghapus sistem produksi kapitalis dan menggantinya dengan sosialisme. Sebuah perjuangan yang tidak bertujuan mengubah sistem produksi kapitalis, bukanlah revolusioner, melainkan “reformis”, “konservatif”, atau “reaksioner”. Revolusi untuk mengubah sistem itu bisa dilakukan melalui perjuangan ekstra-parlementer atau parlementer. Semua jalan ini mungkin mencapai tujuannya dengan syarat utama: melibatkan partisipasi aktif massa rakyat pekerja secara luas. Kami percaya bahwa “kemenangan kelas pekerja harus merupakan karya mereka sendiri.” Upaya politik yang dilakukan sekelompok kecil elite secara avounturir bukanlah politik progresif apalagi revolusioner. Jadi, ukuran politik progresif-revolusioner adalah: (1) bertujuan mengubah sistem produksi kapitalis; dan (2) massa rakyat pekerja terlibat dalam setiap aksi politik yang menentukan masa depan mereka.

Untuk mencapai tujuan itu, Intrans Institute memposisikan diri sebagai lembaga studi dengan visi “melahirkan kader-kader pemikir dan penggerak yang mengabdikan diri bagi terwujudnya tatanan sosial dan ekonomi sosialis” dengan jalan 1) menyelenggarakan kegiatan belajar di kalangan rakyat dan kelas pekerja untuk mendorong perlawanan terhadap kapitalisme; 2) melakukan penelitian untuk menghasilkan langkah-langkah alternatif lain di luar kerangka kerja kapitalisme dan menopang kerja-kerja pembebasan rakyat dan kelas pekerja dari kapitalisme; dan 3) melakukan kerja-kerja pengorganisasian rakyat dan kelas pekerja untuk melawan kapitalime dan memperjuangkan sosialisme.

Saat ini, kami menyelenggarakan Sekolah Ideologi dan Ekonomi Politik yang dilakukan setiap tahun dengan program lanjutan secara intensif selama minimal satu tahun dan maksimal waktu yang tidak terbatas. Kami juga menerbitkan buku, Jurnal Transisi, dan media online transisi.org. Perkembangan aktivitas kami dapat anda ikuti di instragram dan facebook. Kami sedang berusaha untuk mematangkan diri dengan melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki prinsip garis perjuangan yang kurang lebih sama dengan kami.

0 Shares

Tinggalkan Balasan